Pembentukan Panitia Pilkades Desa Cibuyur

Cibuyur, 23 Juli 2018, Badan Permusyawaratan Desa melaksanakan musyawarah tingkat desa. Musyawarah kali ini dilaksanakan dalam rangka Pembentukan Panitia Pilkades yabg akan dilaksanakan tahun ini. Sebanyak 172 desa di Kabupaten Pemalang akan melaksanakan Pilkades serentak di desa masing-masing.

Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Sugiyanto selaku Camat Warungpring. Beliau menyampaikan himbauan kepada warga masyarakat Desa Cibuyur agar turut serta mensukseskan pelaksanaan Pilkades di Desa Cibuyur. Pemilihan Kepala Desa dibuka untuk umum, bagi masyarakat yang memenuhi syarat menjadi bakal calon Kepala Desa bisa mendaftarkan diri.

Tahap persiapan Pilkades dilaksanakan enam bulan sebelum akhir masa jabatan kepala desa yang sedang menjabat, dan diwajibkan untuk menyusun pertanggung jawaban kerja selama lima tahun terakhir masa jabatan. Tahapan selanjutnya yaitu tahap pencalonan, tahap pemungutan, kemudian tahap penetapan pemenang Pilkades. Pemilihan Kepala Desa tahun 2018 menggunakan cara E-Voting, dimana cara pemungutan suara menggunakan teknologi elektronik. Pemilih diwajibkan membawa E-KTP atau Surat Keterangan.

Dalam sambutannya, Bapak Dakhro, SH selaku Kepala Desa Cibuyur menyampaikan bahwa masa purna jabatan beliau jatuh pada tanggal 16 Januari 2019. Pelaksanaan Pilkades di Desa Cibuyur pada tanggal 4 Nopember 2018. Pemerintahan Desa membuka pintu seluas-luasnya bagi putra-putri terbaik Desa Cibuyur untuk mencalonkan diri sebagai Kepala Desa Cibuyur.

Pembentukan panitia Pilkades dilakulan secara terbuka dihadapan warga masyarakat yang hadir dalam musyawarah tersebut. Karena pemungutan suara nantinya akan dilakukan secara E-Voting, maka panitia harus menguasai teknologi komputer. Dalam musyawarah telah ditetapkan susunan Panitia sebagai berikut :
Ketua : Slamer Sodikin
Wakil Ketua : Anis Sofyan
sekretaris : Iis Haryanto
Bendahara : Muhemin
Seksi :
1. Pendaftaran Pemilih : Nurofik, S. pd
2. Pendaftaran Calon : Kartono
3. Pemungutan Suara : Hadi Priyanto
4. Logistik dan Perlengkapan : Azmi Wining M.
5. Keamanan : Darso
6. Konsumsi : Titi Lestari.
Setelah terbentuk panitia, maka dilangsungkan pengambilan sumpah bagi para panitia yang terpilih.
Bagi masyarakat Desa Cibuyur diharapkan agar bisa berpartisipasi dalam Pilkades di Desa Cibuyur. Agar Pilkades dapat berjalan sesuai dengan aturan yang ada. (Admin Desa)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *