“REFRESH WIRAUSAHA SANITASI se-Kab. Pemalang di Balai Desa Cibuyur”

Cibuyur – Kamis,  12/07/2018 Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang mengadakan Refresh Wirausaha Sanitasi Kabupaten Pemalang Tahun  2018 di Balai Desa Cibuyur. Kegiatan ini bertujuan mencapai target indikator kinerja dekralasi ODF.  Pak Ismoyo selaku kabid Kesmas Dinkes Kab. Pemalang menyampaikan bahwa di Kab.  Pemalang baru ada 98 Desa yang melakukan ODF. Dan pada tahun 2018 ini Desa Cibuyur sedang mempersiapkan untuk Deklarasi ODF tahun ini.  Wirausaha harusnya mengikuti arus pasar.  Dan upaya promosi sanitasi harus di sinkronkan antara pengusaha sanitasi,  dinas kesehatan,  maupun pelaku sanitasi sendiri.

Lebih dari 70% masalah kesehatan adalah dari kebersihan lingkungan.  Maka menjaga lingkungan yang sehat sangatlah penting,  salah satunya tidak melakukan buang air besar sembarangan atau ODF.
wirausaha harus meningkatkan kualitas barang sanitasinya.  Untuk memenuhi permintaan masyarakat.  Maka diharapkan ada keseimbangan antara upaya promosi dan kualitas produksi agar sesuai permintaan masyarakat. Dan juga untuk menciptakan daya usaha mandiri yang berkelanjutan akan tercapai dan segera ditindaklanjuti wirausaha sanitasi.  Peran ASSANI (Asosiasi Sanitasi Ikhlas) sangatlah penting dalam proses pembelajaran bagi masyarakat.

Kasi kesehatan lingkungan  kesehatan keluarga,  Ibu Fidiatun menyampaikan Mempromosikan kepada masyarakat bahwa tahun 2019 semua desa harus mempunyai jamban.  Tahun ini Desa Cibuyur mendapat bantuan jamban dari Kabupaten Pemalang sebanyak 50 unit.  Bantuan ini bukan hanya berupa material,  namun juga mendapatkan bantuan untuk pemasangannya hingga menjadi jamban yang layak pakai.

Pak Harsono selaku pelaksana teknis menyampaikan metode yg digunakan untuk membuat jamban adalah cetak di tempat. Syarat jamban yang sehat di antaranya tidak mencemari sumber air sekitar, dan  tidak ada hewan maupun serangga yg masuk lubang kotoran. Jamban yg ideal adalah yang terdiri dari closet,  sepiteng,  dan penghubung. Lebih baik ada juga rumah untuk WC nya. Agar jika masyarakat melakukan BAB tidak terlihat dari luar.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan praktek pembuatan jamban di salah satu rumah warga di Dusun Randu Desa Cibuyur.

Praktek pembuatan jamban sehat oleh Dinas Kesehatan  diharapkan dapat menjadi patokan  masyarakat jika akan membuat jamban. (Admin Desa)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *